BAB I
Ilmu Budaya Dasar sebagai salah satu Mata Kuliah Dasar Umum
1. Pengertian , Tujuan , Ilmu Social Dasar dan Ilmu Pengetahuan Sosial
1.1 Pengertian
Pengertian Ilmu social dasar
adalah pengetahuan yang menelaah masalah-masalah sosial , khususnya yang
diwujudkan oleh masyarakat Indonesia dengan menggunakan pengertian-pengertian
(fakta, konsep, teori) yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian
dalam lapangan ilmu-ilmu social seperti : sejarah,ekonomi, geografi, sosial,
sosiologi.
Pengertian
ilmu pengetahuan sosial dapat diartikan dengan “penelaahan atau kajian tentang
masyarakat”. Dalam mengkaji masyarakat, guru dapat melakukan kajian dari
berbagai perspektif sosial, seperti kajian melalui pengajaran sejarah, geografi,
ekonomi, sosiologi, antropologi, politik-pemerintahan, dan aspek psikologi
sosial yang disederhanakan untuk mencapai tujuan pembelajaran.ntropologi,
psikologi sosial.
1.2 Tujuan
Tujuan Ilmu Sosial Dasar sebagai salah satu dari mata kuliah
dasar umum.
Ilmu Sosial Dasar mempunyai tujuan pembinaan mahasiswa agar
:
Memahami dan
menyadari adanya kenyataan-kenyataan sosial dan maslah-masalah sosial yang ada
di dalam masyarakat.
Peka terhadap
masalah-masalah sosial dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha-usaha
menanggulanginya.
Menyadari setiap
masalh sosial yang timbul dala masyarakat selalu bersifat kompleks dan hanya
mendekatinya mempelajarinya secara kritis dan interdisipliner.
Memahami jalan
pikiran para ahli dalam bidang ilmu pengetahuan lain dan dapat berkomunikasi
dengan mereka dalam rangka penanggulangan masalah sosial yang timbul dalam
masyarakat.
e Tujuan Ilmu
Pengetahuan Sosial
Sama
halnya tujuan dalam bidang-bidang yang lain, tujuan pembelajaran IPS bertumpu
pada tujuan yang lebih tinggi. Secara hirarki, tujuan pendidikan nasional pada
tataran operasional dijabarkan dalam tujuan institusional tiap jenis dan
jenjang pendidikan.
Selanjutnya pencapaian tujuan institusional ini secara praktis
dijabarkan dalam tujuan kurikuler atau tujuan mata pelajaran pada setiap bidang
studi dalam kurikulum, termasuk bidang studi IPS. Akhirnya tujuan kurikuler
secara praktis operasional dijabarkan dalam tujuan instruksional atau tujuan
pembelajaran.
2. Ilmu Sosial Dasar dan Ilmu Pengetahuan Sosial
Ilmu Sosial dasar (ISD) dan Ilmu Pengetahuan sosial(IPS)
kedua-duanya mempunyai persamaan dan perbedaan.
2.1 Persamaan ISD dan IPS yaitu :
Kedua-duanya
merupakan bahan studi untuk kepentingan program pendidikan.
Keduanya bukan
disiplin ilmu yang berdiri sendiri.
Keduanya mempunyai
materi yang terdiri dari kenyataan social dan masalah sosial.
2.2 Perbedaan ISD dan IPS yaitu :
Ilmu sosial dasar
diberikan di Perguruaan Tinggi, Ilmu Pengetahuan Sosial diberikan di sekolah
dasar dan sekolah lanjutan.
Ilmu sosial
dasar merupakan mata kuliah tunggal sedangkan ilmu pengetahuan sosial dasar
merupakan kelompok dari sejumlah mata pelajaran(untuk sekolah lanjutan).
Ilmu Sosial dasar
diarahkan kepada pembentukan sikap dan kepribadian, sedang ilmu pengetahuan
social diarahkan kepada pembentukan pengetahuan dan keterampilan intelektual.
3.Ruang Lingkup Ilmu Sosial Dasar
Bahan pelajaran Ilmu Sosial Dasar dapat dibedakan 3 golongan
:
kenyataan-kenyataan social yang ada dala mmasyarakat, yang secara
bersama-sama merupakan masalah social tertentu.
konsep-konsep
social atau pengertian-pengertian tentang kenyataan-kenyataan social dibatasi
pada konsep dasar atau elemnter saja yang sangat diperlukan untuk mempelajari
masalah-masalah social yang dibahas dalam Ilmu Pengetahuan Sosial.
masalah-masalh
yang timbul dalam masyarakat, biasanya terlibat dalam berbagai
kenyataan-kenyataan social yang antara yang satu dengan yang lainnya berbeda.
Ilmu Sosial Dasar terdiri dari 8 Pokok Bahasan, dari
kedelapan pokok bahasan tersebut maka ruang lingkup perkuliahan Ilmu Sosial
Dasar diharapkan mempelajari dan memahami adanya:
a Berbagai masalah
kependudukan dalam hubungannya dengan perkembangan masyarakat dan kebudayaan.
Masalah individu,
keluarga dan masyarakat.
Masalah pemuda dan
sosialisasi.
Masalah hubungan
warga Negara dan Negara.
Masalah pelapisan
sosial dan kesamaan derajat.
Masalah masyarakat
perkotaan dan pedesaan.
Masalah
pertentangan-pertentangan sosial dan Integrasi.
Pemanfaatan ilmu
pengetahuan dan teknologi bagi kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat.
Sumber: http://nurulreikhanaselvya.blogspot.com/2013/01/bab-i-ilmu-budaya-dasar-sebagai-salah_24.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar